DESAIN JEMBATAN GANTUNG BENTANG 100 METER SESUAI PEDOMAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI JEMBATAN GANTUNG UNTUK PEJALAN KAKI

Penulis

  • Effy Hidayaty Sekolah Tinggi Teknologi Pekerjaan Umum Jakarta Penulis

Kata Kunci:

Jembatan Gantung, Perencanaan, Surat Edaran Mentri Pekerjaan Umum

Abstrak

Kementerian PUPR telah memprogramkan penggunaan jembatan gantung sebagai infrastruktur kerakyatan sebagai akses penghubung antar desa dan diharapkan secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Jembatan gantung sebagai sarana transportasi, yang bagian atas bangunan tersebut berfungsi sebagai pemikul langsung beban lalu lintas terdiri dari lantai jembatan, gelagar memanjang dan gelagar melintang, pengaku, batang penggantung, kabel utama, menara dan blok angkur. Seluruh beban lalulintas dan gaya yang bekerja pada jembatan tersebut dipikul oleh satu pasang kabel baja yang menumpu pada dua pasang menara dan dua pasang balok angkur. Khusus utuk jembatan gantung pejalan kaki, ditujukan hanya boleh dilewati oleh lalu lintas pejalan kaki, dan kendaraan ringan seperti sepeda, gerobak, kendaraan yang ditarik hewan, motor dan kendaraan bermotor ringan dengan maksimum roda tiga dapat lewat untuk keadaan darurat, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No. 02/SE/M/2010 tentang Pemberlakukan Pedoman Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Jembatan Gantung Untuk Pejalan Kaki. Pada penelitian ini sebagai penelitian awal digunakan komponen jembatan gantung 100 meter sesuai Surat Edaran Menteri tersebut dan dianalisis menggunakan analisis dasar struktur dan SAP2000, dan terbukti bahwa komponen struktur jembatan yang didesain telah mengikuti aturan serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No. 02/SE/M/2010, Pedoman Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Jembatan Gantung Untuk Pejalan Kaki, Kementerian Pekerjaan Umum

Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pedoman Perencanaan Teknis Jembatan Beruji Kabel. SK PU 23 April 2015. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Hardjasaputra, Harianto. 2006. Struktur Kabel : Teknologi dan Desain. Jurnal Teknik Sipil Pelita Harapan..

Zulfikar. November 2008. Analisis Perbandingan Displacement Jembatan Cable stayed Tipe Fan dan Harp Akibat Berat Sendiri. Padang: Universitas Andalas.

Masrilayanti, Deddy Agus. 1998. Perhitungan Statis Struktur Atas Jembatan Cable stayed Batam- Tonton. Padang: Universitas

Andalas.

Diterbitkan

2025-07-31

Terbitan

Bagian

Artikel

Categories

Cara Mengutip

DESAIN JEMBATAN GANTUNG BENTANG 100 METER SESUAI PEDOMAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI JEMBATAN GANTUNG UNTUK PEJALAN KAKI. (2025). Green Construction, 1(02), 77-84. https://jurnal.sttpu.ac.id/index.php/green_construction/article/view/67